Mendadak Ambis di Kelas 12, Harus Sih.

11:34 PM


Wow, judulnya udah mantap banget, kan? Well, tulisan ini sudah direncanakan sejak lulus SMA, tapi baru direalisasikan setahun kemudian. Halo, apakah masih ada anak yang habis ini kelas 12 sebagai pembaca blogku? Haha, pasti ada dong! Tulisan ini ditujukan buat teman-teman seangkatanku pas SD dan SMP yang habis liburan ini bakal resmi jadi tingkatan siswa paling senior di sekolah. Gimana, udah siap belum? :p

Kalau kamu teman satu sekolahku pas SD mungkin ngecap Ifa sebagai anak yang lumayan pintar. Yup, rajin ranking dan ikut lomba—wow percaya ga aku pernah ikut siswa berprestasi dua kali? Tapi mungkin sebagian juga tahu kalau Ifa mulai bobrok pas mau lulu SD, sampai gagal lolos tes di sekolah impian banget banget banget (udah kuliah tapi ini masih bikin sedih J). Dan parahnya lagi, kemalasan itu berlanjut sampai Ifa SMA! Dear teman-teman SMP dan SMA, plis jangan kasih tau aku ranking berapa di kelas haha.

Loh, terus ngapain kita baca tulisan ini kalau yang nulis b*odoh? —netizen menanggapi.

Karena, setelah semua kemalasan itu, tiba-tiba Ifa dapat hidayah di kelas 12! Yups, Ifa akhirnya mulai belajar –dengan ambis—sampai akhirnya mendapat pencapaian keren: keterima SNMPTN di Ilmu Komunikasi UNAIR dan dapet peringkat 3 besar UN IPS se-Kota Kediri. UWU AKHIRNYA AKU BISA SOMBONG!

Di sini aku bakal cerita pengalamanku, kemudian penjelasan atau tips-tips terkait akan langsung dibahas setelahnya. Jadi maaf ya, kalau tulisannya kurang rapi.

Oke, mulai dari liburan kenaikan kelas. Sebagai pengingat, karena aku masuk di kelas aksel jadi pas kenaikan kelas ini aku masih dapet materi kelas 11. Vibes kelas 12nya belum terasa banget di kelas, meskipun beberapa memang sudah daftar bimbel dan beli buku UN/SBMPTN. Nah, tapi sebagai anak yang gabut banget dan kerjaannya main internet 24/7, sejak awal aku sudah suka cari informasi soal masuk PTN. Mulai cari tau jalur masuknya, sampai masuk LINE Square Pejuang SBMPTN. Oh iya, di sini aku sudah punya tujuan yang ingin aku capai, jurusan dan universitasnya Mas Raka!

Yups, masih awal banget dan aku sudah tau kalau SNMPTN TIDAK BOLEH DIHARAPKAN, HARUS SIAP SBMPTN!!!!!!!!!!! (tanda serunya wajib banyak!)

Kenapa? Karena banyak banget faktor yang menentukan SNMPTN dan itu semua nggak bisa diprediksi. Kamu selalu ranking 3 besar paralel se-sekolah? Please, kamu tetap nggak bakal keterima kalau strategi nggak sip. Atau anggap saja faktor paling oke buat dijadikan patokan adalah alumni, tapi kamu nggak akan tahu kalau tiba-tiba universitas berubah pikiran di tahun ini dan memilih untuk tidak menerima calon mahasiswa dari sekolahmu lagi di jurusan yang sama. Abu-abu banget kan? Oh iya, dari awal juga sebenarnya udah nggak begitu jelas kan, siapa yang bakal masuk kuota buat mendaftar? Terlebih lagi karena kuotanya dari tahun ke tahun terus menurun: 2017 sebesar 75%, turun di 2018 yaitu 50%, dan terakhir di 2019 setahuku hanya 40% yang berhak mendaftar SNMPTN. Yakin, kamu masuk kuota?

Nah, dari pada terjebak di kebimbangan, mending langsung persiapkan SBMPTN deh!

Selama SMA, Ifa nggak pernah belajar—including belajar di rumah sendiri atau dengerin guru di kelas. Pernah sih, pas mau UTS/UAS doang, itu pun h-1 baru mulai belajar. Kalau ulangan harian? Bener-bener 5 menit sebelum guru dateng buru-buru buka LKS atau pinjam catatan teman. Kalau lagi pelajaran, Ifa lebih suka ngelamun dan ngelihatin jendela kelas yang kayak akuarium—ngecengin gebetan kalau tiba-tiba lewat. PR pun cuma salin-tempel dari internet atau pinjam teman lima belas menit sebelum dikumpulkan. Parah? Iya, banget. Dan sayangnya, aku nggak mendramatisir guys L. Bahkan temen-temenku udah hafal, kalau mereka lagi malas belajar/ngerjain PR: “ah tenang aja, Ifa pasti nggak belajar.”

Hehehehehe.

Well, emang sih nilaiku selalu lumayan karena memorinya masih segar banget sebelum ujian, tapi ilmunya nggak ada yang masuk ke otak. Zonk, semenit setelah ujian langsung lupa lagi tadi belajar apa. Karena itu, kalau memang tujuanku mau belajar SBMPTN, aku harus benar-benar belajar dari awal. Nggak semudah teman-teman lain yang mungkin tinggal baca-baca sekilas untuk recalling materi yang pernah masuk di otak mereka.

Dan di awal kelas 12 ini, aku udah tau banget kalau aku harus berjuang keras. Tapi sayangnya, Ifa belum mulai belajar hehe. Tapi, kerennya Ifa di sini adalah berusaha mencari tips dan pengalaman orang-orang. Keyword yang aku pakai dulu nggak jauh-jauh dari: pengalaman belajar sbmptn tanpa bimbel.

Yups, dari awal Ifa memang tidak berniat bimbel. Pertama, mahal. Pas itu, aku akan jadi anak paling nggak punya malu sedunia kalau minta daftar bimbel ke ortu dengan keadaan ekonomi yang ada. Kedua, aku tahu aku harus belajar semuanya dari awal—kayak anak lintas jurusan—dan bakal susah banget kalau mengandalkan bimbel. Ketiga, Ifa bukan tipe orang yang bisa belajar dengan metode kelas—guru ngajar aja ga pernah diperhatiin, ngapain nambah kelas yang sama? Keuntungan lain dari bimbel seperti buku, cara cepat, dan try out menurutku juga nggak bisa menutupi alasan-alasan tadi, bagiku.

Jadilah, dengan berbekal banyaaaaaak pengalaman dari orang-orang yang aku baca, jatuh deh pilihanku ke bimbel online! Kebetulan juga karena di rumahku ada wifi, hehe. Menurutku, konsep belajar dengan bimbel online ini sangat aku, secara aku anak yang nggak bisa lepas dari gadget hehe. Aku pun langsung survei beberapa bimbel online yang menyediakan program buat persiapan SBMPTN. Dan yups, seperti yang aku inginkan, mereka benar-benar menyediakan materi super lengkap dari kelas 10, 11, sampai 12. Pas itu aku pilihanku jatuh di Zenius, mungkin karena kebanyakan blog yang aku baca itu promosiin Zenius ya, haha.

Terus, langsung beli nggak, Fa?

Enggak! Haha, meskipun super murah, tapi aku ngerasa masih sungkan minta uang ke orang tua. Alhasil, beberapa bulan pertamaku di kelas 12 benar-benar aku manfaatkan untuk mencari informasi sebanyak mungkin soal PTN dan tips belajar. Oh iya, di sini aku juga banyak mencari tipe-tipe dan cara belajar, karena aku tahu aku nggak bisa belajar kalau mengandalkan cara: membaca buku paket dan mendengarkan guru.

Dan akhirnya, di akhir Oktober Ifa akhirnya beli voucher Zenius yang masa berlakunya 6 bulan! Sayangnya, lagi-lagi belum dipakai. Kebetulan pas itu sekolah lagi cukup hectic dengan tugas dan ujian. Aku sudah mulai buka-buka video Zenius, tapi somehow agak kurang masuk sama materiku di sekolah. Nah, pas itu aku ikut patungan langganan Quipper Video dengan teman-teman sekelas. Dan kebetulan banget, materinya sama dengan di sekolah tapi lebih asyik—wow i love bimbel online so much! Akhirnya, aku resmi memulai belajarku di Oktober-November, belajar buat ulangan harian dan UAS pakai Quipper Video. Masih males-malesan banget, tapi seenggaknya udah mulai hehe!

Jadi, Zeniusnya jelek dan nggak kepakai nih, Fa?

NO, BIG NO NO NO! Aku tidak menulis ini sebagai submisi untuk lomba blognya Zenius atau apapun yang bertujuan mempromosikan, TAPI BENERAN ZENIUS SANGAT MEMBANTU BUAT BELAJAR SBMPTN! Setelah UAS selesai, malam itu juga aku mulai ngambis pakai Zenius mulai dari materi kelas sepuluh. Prioritasku itu materi Matematika Dasar (soalnya suka banget sama matematika!), sama semua materi soshum: geografi, ekonomi, sosiologi, dan sejarah. Kalau kalian mau tahu, ambisku pas itu nggak cuma-cuma. Beneran dari bangun tidur (udah agak siang) sampai larut malam di depan laptop sambil nyatetin semua yang diomongin tutor Zenius. Nggak berhenti kecuali makan, nggak ada acara liburan. HP ditaruh kamar, baru boleh buka bentar kalau satu bab sudah selesai.  Dan pas itu, aku nggak bilang ke temenku, satu pun. Biar aja mereka tetep merasa kalau Ifa adalah teman ‘super malas’ mereka, toh Ifa tetap selalu bales chat mereka 24/7 hehe.

Alesan diem aja, ya tentu karena mengurangi saingan lah ya. Pengen pinter sendiri dong, haha (jujur neeh). Tapi di sisi lain, aku juga takut kalau misalnya kelihatan ambis dan sok pinter tapi ternyata hasilnya kurang memuaskan di akhir.

Oh iya, selama itu aku cuma belajar materi doang dari Zenius (+geo dan ekonya Quipper!), lengkap sama latihan soal perbab. Sekali lagi, karena aku nggak pernah belajar sebelumnya jadi nggak punya bekal apa-apa buat ngerjain soal. Selama liburan itu aku bener-bener berusaha memahami tiap bab, belum masuk ke soal SBMPTN yang kompleks.

Sesuai sama jargonnya, Zenius ini ngajarin konsep. Konsep di sini menurutku intinya kamu nggak perlu belajar dan menghafal banyak-banyak, tapi ‘sedikit’ yang kamu hafalkan bisa banget diterapkan dimana-mana. Bedanya sama Quipper Video yang lebih mengajarkan materi sekolah, hafalannya banyak tapi lengkap banget! Dan karena aku punya dua-duanya, aku combine deh! Pertamanya apalin yang perlu dulu dari Zenius, buat tahu gambaran dasar dari materinya. Terus kalau udah paham banget, baru deh dengerin Quipper buat pengembangan materinya. Materi dari Quipper ini nggak aku hafalin, tapi semuanya jadi nyambung dan sangat mudah dicerna karena udah ada konsep dasar dari Zenius. Jadi dua-duanya penting menurutku, tanpa Zenius aku nggak bakal bisa paham materi dari Quipper yang penyampaiannya kayak di sekolah, tapi tanpa Quipper aku bakal kesusahan ngerjain soal Soshum yang kebanyakan aplikatif. Selain itu, dengan punya dua-duanya aku jadi memperbanyak bank soal, dan nilai plus untuk Quipper karena soal-soalnya simpel tinggal klik hehe. Kalau Zenius kan harus catetin jawabannya di kertas dulu.

Rutinitas belajar SUPER AMBIS ini berjalan selama dua minggu liburan, dan dilanjutin di minggu pertama masuk pas sekolah belum efektif. Pas itu aku kelar materi matdas, ekonomi, sosiologi sama geografi. Buat bahasa sama TPAnya aku skip karena ngerasa udah pinter. Chill. Di titik ini, aku merasa udah cukup oke dan harus mulai ngerjain latihan soal. Sejarah jujur aja aku males banget karena babnya banyak, dan aku ngerasa satu-satunya mata pelajaran yang aku tahu sedikit-sedikit itu sejarah (ya dikit banget sih sebenernya), akhirnya aku belajar di sambi-sambi kegabutan aja hehe.
Terus, gimana latihan soalnya?

Lagi-lagi karena aku merasa harus belajar dari basic, akhirnya aku memulai latihannya dari soal UN. Semua soal UN aku cobain deh pokoknya. Oh iya, aku ambil UN geografi. Lambat laun karena kelas 12 mulai hectic dengan segala ujiannya, akhirnya aku tetep stuck di soal-soal latihan UN. Pokoknya, aku bener-bener manfaatin gimana caranya biar nilai matematika selalu 100 dan geografi berapa pun pokoknya nggak bikin malu. Sesekali aku juga ikut try out sbmptn atau bikin try out mandiri (aku ngeprint 10 jilid soal sbm wow!), tapi ya emang jarang bagnet selama persiapan UN. Hasilnya juga selalu lumayan, alhamdulillah. Dengan keterbatasan waktu ini akhirnya aku punya komitmen, kelarin dulu UN dan semua ujiannya, baru deh latihan soal sbmptnnya dilanjut habis UN. Apalagi udah nabung buat memahami materi sebelumnya. Oh iya, sekali lagi aku cuma belajar di rumah (karena bisa fokus di situ doang). Di sekolah tetep begayaan goblok dimana temen-temen pada sibuk ke perpus dan berkutat sama buku tebal, Ifa tetap asyik muterin sekolah sambil pacaran. Uwu.

Akhirnya sampai UN, yep.

Malemnya setelah ujian terakhir, Ifa bener-bener langsung mulai ngerjain soal SBMPTN. Nggak lama setelah UN ada jadwal pengumuman SNMPTN. Oh iya, Ifa jadinya ambil Ilmu Komunikasi UNAIR, nggak jadi ambil UGM karena banyak alasan. Dengan pergantian pilihan ini sebenarnya lebih terdengar realistis, tapi Ifa nggak mau berharap jadilah tetep memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Wagila, bener-bener momen terambis dalam hidupku.

Dan jeng jeng....

KETERIMA SNMPTN! Paginya, ifa masih sempet ngerjain soal dikit. Cuman karena agak stres, jadilah berhenti-tidur-baru bangun lagi pas pengumuman banget! Pas udah tau keterima SNMPTN, langsung deh ngerasa super bebas. Bye-bye soal dan segala kekhawatiran~

Terus, ngapain selama ini belajar, Fa? Nyesel dong?

ENGGAK! Karena sekali lagi, SNMPTN ini nggak ada yang tahu. Aku merasa sangat beruntung karena udah aware dari awal dan udah mau mulai belajar dari bulan Desember (meskipun ini telat juga sih, tapi ya better dari pada baru belajar habis ketolak SBMPTN). Karena, kalaupun pengumumanku ternyata merah, aku udah punya cukup bekal buat lanjut belajar, nggak harus ketar-ketir banget lah.

Akhirnya, ngebacotnya selesai juga. Jadi intinya, tipsnya apa nih, Fa, buat yang habis ini kelas 12?

(1) Get motivated! Kamu harus mengumpulkan motivasi sebanyak-banyaknya, kalau bisa sih jangan yang basic kayak membanggakan orang tua ya, hehe. Itu motivasi yang bagus banget kok, cuman menurutku karena nggak spesifik jadi kesannya kurang niat buat mencari motivasi—ya berarti motivasinya masih kurang/? Hehe. Motivasiku sendiri pas itu kurang lebih: buktiin aku bisa sukses di kelas dua belasku tanpa bimbel, pengen bikin kaget temen-temen yang selama ini ngira aku males. Selain itu, dengan aku bacain blog orang-orang tentang pengalaman SBMPTN, itu sangat memberiku motivasi kalau aku juga bisa!

(2) Seberapa siap kamu? Nah di sini kamu harus tau kesiapan kamu. Kalau aku, bener-bener nggak ada persiapan karena nggak pernah belajar selama SMA, jadi aku tahu kalau aku harus belajar semua materi dari dasar dulu. Beda kalau kamu selama ini anaknya rajin, tinggal review doang terus bisa langsung lanjut ke latihan soal. Mau dari mana pun start kamu, bagaimana pun harus bisa mencapai goals yang sama, mungkin waktu tempuhnya aja yang berbeda. Jadi kalau kamu merasa se-tidak siap aku dan sudah membaca tulisan ini saat masih liburan kenaikan kelas, LANGSUNG MULAI DEH. NGGAK USAH SOK-SOK “ah Ifa mulai Desember aja bisa kok” karena serius deh itu nggak cukup banget J

(3) Kenali cara belajar yang paling pas buat kamu. Salah satu problemku karena tidak pernah belajar: aku jadi nggak tau bagaimana cara belajar efektif buatku. Karena itu, selama browsing cari motivasi, aku juga sering banget cari tips belajar. Secara basic tipe-tipenya kan ada visual, audio, sama kinestetik. Kalau kamu visual, kemungkinan besar cara yang cocok itu yang pakai warna, misal bikin mind map, nyatet pakai bolpoin warna, atau ngestabiloin buku sambil baca. Kalau audio, mungkin bisa ngerekamin pelajaran atau dengerin lagu sambil belajar. Nah kebetulan banget aku ini tipe kinestetik (yep dari dulu kalo lagi gaada guru pasti ngider, mulai dari keliling kelas sampai keliling sekolah!), dan aku nggak nemu banyak tips belajar buat tipe kinestetik. Luckily aku pernah ngobrol dengan kakak kelas super-pintar yang ternyata dia kinestetik dan cara belajarnya adalah dengan nulis sebanyak-banyaknya. Dan aku pun mencoba menerapkannya, dan berhasil! Jadi kalau kamu ‘didiagnosis’ kinestetik dan bingung, coba tulis semuanya. Aku bener-bener nulis semua yang dibilangin tutor di video, atau kalau lagi baca buku harus sambil ngetik/nulis. Gitu.

Oh iya cara belajar ini juga berhubungan dengan bagaimana kamu membangun suasana. Seperti lagu tadi misalnya. Aku sendiri ternyata tipe yang kalau belajar semua harus hening, dan harus dalam keadaan duduk. Nggak bisa banget akutu kalau lagi serius belajar tiba-tiba diajak ngomong satu kata, karena pasti aku jawabnya puanjaaaang dan akhirnya nggak jadi belajar. Dasar cerewet, haha.

(4) Bimbel apa enggak ya? Kalau ini preferensi pribadi banget ya, karena biayanya juga nggak sedikit. Menurutku kalau kamu punya duit ya, silakan. Tapi pastiin keefektifannya di kamu, kamu harus tau apa manfaat yang bakal kamu dapetin kalau ikut bimbel. Misal aku nih, aku tau kalau aku anaknya kalau belajar harus sendiri dan nggak bisa dengan model belajar kelas, jadi kalau aku ikut bimbel nggak bakal bisa efektif. Beda sama temenku yang kalau belajar harus diawasin, atau susah paham jadi harus tanya langsung sama gurunya, nah bakal cocok banget tuh di mereka.

(5) MULAI DARI SEKARANG. Jangan sampai nyesel guys, setiap orang punya kemampuan menyerap informasi dengan waktu yang berbeda-beda. Ada banyak memang yang baru belajar setelah ketolak SNMPTN dan akhirnya keterima, tapi kan kamu nggak tau seberapa besar persiapan dia sebelumnya. Atau mungkin, dia memang jenius banget jadi nggak perlu waktu lama-lama. Lagian, menyiapkan dari awal nggak ada salahnya kok. Justru kamu bakal dapat poin plus dari pada temen-temenmu yang santai, hehe.
Yaudah, kayaknya segitu aja deh. Aku kurang tau ini bakal berguna atau enggak, tapi semoga aja deh hehe. Feel free untuk kalian yang mau bertanya atau masih butuh alasan untuk belajar sekarang, cus DM ke @railaatifa_ dan insyaAllah akan dijawab selama nggak sibuk banget. Semangat!

You Might Also Like

2 komentar