biggest plot twist of my life BUT HAPPY 7TH ANNIVERSARY, BTS!

7:33 PM

Pertanyaan yang menghampiriku beberapa minggu terakhir adalah, kok bisa sih aku nggak terpengaruh sama budaya Korea Selatan selama 18 tahun hidup? Sampai tahun lalu, pengalamanku yang melibatkan budaya Korea tuh cuma:

1. Dengerin SNSD – Gee pas SD karena semua orang dengerin itu
2. Suka lagu Nobody karena nemu video animasi yang gemesin
3. Nonton Descendant of The Sun, awalnya nggak sengaja nonton bareng temen di kelas tapi ternyata asyik banget! Namatin deh!

Yes, sesedikit dan sespesifik itu. Padahal, di sekitarku selalu ada orang yang secinta mati itu sama industri hiburan Korea Selatan. Atau nggak usah jauh-jauh sampai jadi fans fanatik deh, setauku hampir semua temenku tuh tahu sedikit-banyak tentang K-pop atau K-drama. Minimal, ngerti lagu yang lagi hits, atau K-drama yang lagi populer di media sosial. Mungkin kasusnya sama kayak The World of Married—semua orang nonton itu, kan? Sedangkan aku, bisa-bisanya nggak tahu apa-apa dan nggak ada niat untuk mencari tahu juga, sih.

Meskipun begitu, aku nggak pernah menyebut kalau aku benci budaya Korea. Lebih tepatnya tuh, nggak peduli aja. Tiap ada yang ngomong nama Korea, aku langsung mundur dan nggak berniat dengerin lebih lanjut HAHA! Kalau mau dilirik ke belakang, aku sebenernya pernah suka macem-macem kok, mulai dari anime, lagu/film/series barat, sampai jamming lagu Indonesia 2000an tiap malem. Well, mungkin selama ini belum waktunya aja budaya Korea nyenggol aku.

Karena, SEKARANG IFA TIBA-TIBA NGGAK BISA LEPAS SAMA K-POP! Lebih spesifik (dan bisa ditebak dari judul), sekitar selama 3 bulan terakhir: Ifa jadi bucinnya BTS! HAHA, bakal diketawain banget sama temen-temenku yang udah suka K-pop duluan nih. Alasan kenapa Ifa nggak pernah tergerak buat suka K-pop emang masih jadi misteri, tapi lets just stick to the status quo dan menerima kenyataan~

Semua ini tuh berawal pas UTS semester 4, aku mulai nonton Crash Landing On You—soalnya tentang tentara dan aku punya impresi yang bagus sama DOTS. Yes, CLOY ini tuh drakor kedua yang kutonton seumur hidup. Terus habis itu aku lanjut nonton Reply 1998 dan mewek mulu selama 4 hari huhu. Nah, di Reply 1998 ini aku jadi tertarik banget sama Park Bo Gum. Karena jadwal kuliah udah mulai berantakan, aku mulai nih nontonin semua video yang ada Park Bo Gum di Youtube. Sejak itu, laman rekomendasi di Youtubeku mulai terisi sama video Korea—yang bahkan nggak ada Park Bo Gum. Dan nggak tau kenapa, mungkin saking nggak ada kerjaan, aku mulai dengerin BTS – Boy with Luv.

Pas awal-awal dengerin Boy With Luv, yang pertama aku pikir tuh, lagunya nggak asing! Well, aku suka banget sama suaranya Halsey di sini meskipun partnya nggak banyak. Boy with Luv ini mulai jadi lagu yang aku replay berkali-kali—karena Halsey doang dan masih nggak peduli sama BTS. Lama-lama aku mulai ngelihat MVnya, dan kaget banget karena ada orang ganteng banget! Tebak: Kim Seokjin!

Iya, gitu ceritanya gimana kisah cintaku dimulai.

Aku nggak inget detil lainnya, tapi aku lanjutin dengan dengerin DNA. Lagu ini tuh iconic karena jadi backsound iklan Tokopedia—aku akui enak sih iklannya, cuma ya dulu belum tertarik. Aku pun mulai dengerin beberapa lagu lain yang beatnya catchy kayak IDOL dan Mic Drop, sampai akhirnya aku punya playlist rekomendasi yang isinya mostly lagu BTS. ENAK-ENAK IH TERNYATA!

Kata mereka sih, semuanya emang berawal dari “siapa sih namanya?”. Pas awal, aku cuma bisa hafal Jin sama V—dan tentu saja menganggap kalau sisanya punya wajah yang mirip.

Well, sebenernya aku ngerasa nama mereka tuh familiar. Aku yakin sering banget tuh denger nama Suga, RM (inget banget sama Rap Monster), Park Jimin, sama Jungkook—tapi nggak pernah lihat wajahnya jadi harus extra ngafalinnya. Selain familiar sama namanya, aku juga ngerasa pernah denger HAMPIR SEMUA title album mereka. Ini tuh semakin bikin aku sadar, betapa BTS tuh udah berada di sekitarku selama ini huahahah, bahkan sampai lagu debutnya! (Thanks to temen-temenku yang pernah nyanyi atau nyetel lagu BTS di deketku huahahah)

Karena aku bener-bener ngehabisin hampir semua waktuku di depan laptop, jelas nggak butuh waktu lama. Dari penasaran nama personil dan dengerin lagu-lagunya, tiba-tiba aku udah jadi bucin. Banget banget banget. Nggak cuma nontonin MVnya 1000 kali, aku mulai nontonin semua interviewnya di Youtube. Lama-lama juga suka ngelihat video-video random yang BTS related. Tentu aja, Ifa juga akhirnya suka nonton Bangtan Bomb dan Run BTS, pokoknya semuamuamuanya aku harus tau!

Yes, kayaknya gitu deh 3 bulan terakhirku kalau dirangkum. Isinya BTS doang HAHAH!

Well, sebenernya pas sadar kalau aku bucin sama BTS tuh, aku nggak banyak cerita ke orang. Kayaknya ini kali pertama aku share soal BTS deh di tempat yang kejangkau sama banyak orang deh. MALU HAHAH, soalnya siapa sih yang gatau kalau Ifa itu orang nomer satu yang bakal menolak Korea-Koreaan. Tapi untungnya, beberapa temenku yang K-popers veteran nerima aku dan mau dengerin ceritaku meskipun mereka bukan ARMY.

Oh iya ngomongin ARMY, sebenernya beberapa temen deketku agak nentang, sih. Mereka kayak bilang, “jangan kebawa sampai kayak ARMY lain ya” atau bahkan ada juga yang “plis boleh kok suka kpop, tapi jangan BTS”. Ini bikin aku penasaran sih, selama ini aku notice kalau kpopers punya citra yang agak nggak bagus di beberapa kalangan. Tapi mungkin, ARMY ini yang paling buruk citranya. Kata temen-temenku sih, karena sering fanwar sama langsung ngegeruduk kalau idolanya dihina. Sejak aku mulai suka BTS, aku emang sadar sih kalau ARMY ini loyal banget (beberapa ada yang kebangetan sampai bikin citranya jadi jelek). Tapi, aku ngerasa nggak bakal masuk ke tahap itu sih. Jujur aja aku nggak terlalu peduli sama berita BTS, apalagi komunitasnya. Aku cuma nonton yang aku pengen aja, kegantengan sampai membernya yang chaotic. Lagian kerjaan aku juga banyak sih, belum ada waktu lah buat bikin fake account terus bikin ribut JADI PLIS TEMEN-TEMENKU NGGA USAH RIBUT YAAA AKU TAU KOK YANG AKU LAKUIN :D

Well, aku ngerasa kalau BTS ini berhak banget kok dapet attention. Kayak, aku cukup paham kenapa mereka bisa jadi boyband yang terkenal di ranah global. Lagu mereka tuh banyak banget yang catchy, atau kalau mau ditelusuri lebih lanjut juga liriknya bagus-bagus. Aku juga suka ngelihat mereka yang stay humble dan ‘terlihat’ tetep bisa menjadi diri mereka sendiri. (Jujur kalau ngomongin ini, aku jadi mau bawa mata kuliahku di Ilkom, sih. Keren banget woi PRnya BTS ini buat framing citranya BTS—however sifat mereka gimana aslinya).

Dan tentunya yang wajib banget aku mention di tulisan ini: GANTENG BANGET WOI. Pas ngelihat mereka tuh aku sering banget mikir, kok bisa sih ada orang seganteng ini T_T 
DAN AKU YAKIN MEREKA TUH TAU KALAU MEREKA GANTENG TERUS KOK BISA-BISANYA MEREKA …. (ah nggak aku lanjutin deh, pasti bakal panjang banget kalau udah ngomongin yang bucin gini HAHA)

Jujur aku ngerasa nyesel sih, kenapa kok baru ketemu BTS sekarang? Hari ini kita tuh ngerayain debut anniversary mereka kan yah, YANG KE TUJUH! Huft, kemana aja sih aku selama 7 tahun? This is my very first BTS FESTA, tho~ Tapi gapapa deh, bersyukur aja ya karena masih sempet buat ikutan yang tahun ini hihi. Tapi aku juga mikir, 7 tahun tuh lama banget, kan ya? Emang boyband bakal bertahan berapa lama, sih? Terus belum juga ngomongin kalau mereka sekarang berada di umur yang bakal ikut wamil. Plis, aku masih pengen lama ngebucin.

Tapi, mereka sekarang lagi berada di puncak karir, kan? Aku berharap semoga masih banyak waktu buat mendalami kasmaranku ini, huahaha.

Turut memeriahkan FESTA pertamaku, semalem tiba-tiba aku punya ide buat bikin doodle hihi. Kebetulan aku emang lagi suka gambar akhir-akhir ini, dan here we go! Aku berusaha bikin doodle tiap member dengan outfit dari MV/performance mereka yang menurutku paling iconic. Semua lagu di sini juga termasuk favoritku!




There are many people who became our fans recently. No matter when you became our fans, we are always thankful for your love. It is your love that makes us glow.
– Kim Namjoon, BTS FESTA 2020


You Might Also Like

0 komentar