Belajar Copywriting Bareng Jobhun Academy [+Review!]

9:59 PM

Pas awal pandemi kemarin, aku menyimpulkan orang pada dua kategori: (1) orang-orang yang berlomba mengisi waktu dengan kegiatan produktif, atau mereka yang berusaha mengingatkan kalau pandemi bukan kompetisi untuk jadi produktif. Aku nggak mau nyalahin salah satunya, tapi kalau aku pribadi berada di sisi yang ingin memanfaatkan waktu “bebas”ku sebaik mungkin. Mungkin lebih condong ke kategori pertama yah, cuma nggak ada tekanan karena merasa kalah dari orang lain. Aku ngerasa punya banyak waktu bebas, seperti waktu kosong ketika jeda kuliah yang biasanya hanya diisi dengan bermalas-malasan di kampus, kini bisa diisi dengan kegiatan lain. Sejak pandemi, aku mulai melakukan rutinitas baru: menulis jurnal, melukis, dan olahraga!


Aku nggak tau bahasan ini masih relatable atau nggak, karena banyak pihak sudah kembali ke kehidupan “normal”. Tapi sebagai mahasiswa yang biasanya kuliah online plus sekarang lagi liburan, jujur aku semakin bingung mau ngapain di rumah. Rutinitas baru yang kutulis tadi tentu kurang untuk menutupi waktu 24/7 di rumah selama beberapa bulan. Well, mungkin di titik itu aku mulai pengen buat menambah rutinitas baru: belajar :-D


Selain rutinitas-rutinitas yang bisa banget jadi bahan instastory, webinar dan kelas online juga menurutku jadi tren sejak pandemi. Menurutku ini ngebuktiin banget kalau sebenernya kita nggak harus selalu bertatap muka buat menuntut ilmu kok! Bahkan it’s very possible kalau mungkin di jaman keponakan kita, atau anak kita (eh kejauhan) mereka bener-bener bakal full sekolah di rumah meskipun corona udah ketemu vaksinnya. Teknologi udah berkembang banget!


Kebetulan, Agustus lalu aku dapet kesempatan buat ikut kelas Copywriting dari Jobhun Academy Online Learning. By the way, Jobhun ini adalah start up yang berfokus di bidang pengembangan karier gitu, aku udah follow akunnya dari lama soalnya banyak banget konten yang (hopefully) bikin aku nggak clueless pas waktunya nyari kerja nanti. Nah, Jobhun ini punya program Jobhun Academy buat kamu yang pengen menambah skill di bidang tertentu gitu. Pilihan kelasnya ada banyak banget, mulai dari content writing, digital marketing, ui/ux design, dan masih banyak lagi! Pilihan kelasnya tuh kekinian banget dan lagi banyak dibutuhin sekarang. Beda sama webinar biasanya, Jobhun Academy ini punya kurikulum dan dilaksanain selama 8 pertemuan. 


Dan yes, dari sekian pilihan, aku milih kelas copywriting! I’ve been writing for years and yearsss (yaelah lebay), dan aku merasa aku harusnya bisa mengupgrade hobi menulisku menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, misalnya kerja jadi copywriter hehe. Kelas Copywriting dari Jobhun Academy ini dipandu sama Kak Maulana Fadhilah, senior Copywriter di Tokopedia. Yes, mentornya nggak kaleng-kaleng, langsung dari praktisi! Nah, aku sempet sharing di Instastory beberapa kali dan banyak nih yang penasaran sama reviewnya. Karena kelasnya udah selesai, here we go!


First impressionku buat kelas ini adalah: kelasnya beginner friendly banget! Kalau kamu pemula, pasti tetep bisa ngikutin dan banyak pengetahuan baru yang didapat! Buatku yang udah cukup sering nulis, aku ngerasa kelas ini memberiku banyak teknik baru yang bisa aku aplikasikan. Kalau biasanya aku menulis menunggu ide, tentu kalau di dunia kerja nggak bisa gitu kan? Dan yes, menulis copy pun ada tekniknya yang bikin kita bisa terus produktif. 


Hal lain yang mau aku garis bawahi dari kelas ini adalah: insightful! Banget! Nggak cuma teori dan tips, tapi kita juga banyak banget dikasih contoh praktek di dunia kerja. Mulai dari pengalaman mentor sendiri, sampai contoh-contoh copywriting yang sukses di pasaran. Selain itu, kita juga bebas bertanya selama kelas, ini juga makin nambah insight! Buatku pribadi, kesempatan kayak gini jangan disia-siain deh, kapan lagi dapet kesempatan buat bertanya langsung ke profesional? Insight ini menurutku yang paling menarik deh dari kelas ini, soalnya aku dapet banyak pandangan baru yang nggak aku dapetin di bangku kuliah (kebetulan aku juga mengambil mata kuliah yang relate dengan copywriting).


Nah selain itu, yang keren dari kelas ini juga karena memaksa kita buat nulis! Ini cukup challenging buatku sebenernya, karena aku udah cukup lama absen nulis. Apalagi beberapa tahun terakhir aku udah nggak nyentuh nulis “kreatif” gitu. Di kelas ini, hampir tiap minggu kita dikasih tugas yang relate dengan materi. Tugasnya harus dikerjakan? Ofcourse it’s up to you, tapi kalau menurutku ini kesempatan bagus (lagi) karena kapan lagi kamu dipaksa nulis? Setelah ngerjain tugas, di pertemuan berikutnya kita bakal presentasiin tugas kita di kelas dan dapet feedback langsung dari mentor. Sayang banget kalau nggak kerjain deh :(


Overall, aku puas banget selama ikut kelas ini. Kelas ini tuh cocok banget buat orang kayak aku yang kurang suka randomly nyari tips di internet, soalnya kelas ini udah ada kurikullumnya! Dan tentunya, aku juga memanfaatkan banget buat dengerin dan catet hal-hal yang penting selama kelas. Kalau kamu penasaran lebih lanjut tentang layanan apa aja yang ditawarin di Jobhun Academy, bisa banget langsung mampir ke Instagram @jobhun yaa! Atau kalau ada hal yang bikin kamu penasaran, bisa banget tanya ke aku juga! ;)


You Might Also Like

0 komentar