Jadi Public Relations Intern di Jobhun!

5:24 PM



Hai! Aku mau cerita tentang salah satu pengalamanku yang paling keren tapi kayaknya kurang aku sebut-sebut selama beberapa bulan ini: AKU MAGANG GUYS! Yess, dari Juni lalu, aku dapet kesempatan buat magang di Jobhun (start-up di bidang
career development, boleh banget meluncur langsung ke IG @jobhun) as Public Relations Intern! Kebetulan, anak-anak Commers Unair tuh kayaknya udah cukup akrab sama Jobhun, soalnya tiap periodenya selalu ada yang ikutan magang. Karena itu, aku pengen banget juga nih cobain! Sayangnya di periode yang aku ikutin ini, Jobhun memakai sistem virtual internship alias nggak ngerasain ngantor tiap hari kayak temen-temenku, deh!


Wait, ngapain sih magang? Ifa masih semester 5 kan?


Kalau misalnya ditanya sih, alasan utamaku: takut gabut! Sejak kuliah online, aku sering banget ngerasa bingung mau ngapain (sampai akhirnya aku nonton BTS dan painting setiap hari xixixi). Kuliah online aja udah bosen, apalagi liburan online coba? Selama tiga kali liburan semester, aku nggak pernah “nganggur” karena selalu ikut kepanitiaan yang bikin waktu liburan habis. Pas Jobhun buka pendaftaran magang, aku langsung cus banget tuh daftar! Salah satu kesempatan buat nggak gabut!


Tapi selain alasan klasik kayak gitu, aku ngerasa masih punya banyak banget kekurangan. Kalau ditanya pengen jadi apa, aku selalu jawab pengen jadi PR. Di kuliah, aku juga ambil banyak mata kuliah yang mempersiapkan aku jadi PR. Tapi sebenernya, kerja jadi PR itu gimana sih? Apa kerja jadi PR tuh sama kayak di organisasi atau kepanitiaan? Atau aku harus bikin press conference dan menjalin media relations kayak yang diajarin di kuliah? Karena aku masih clueless, aku pengen banget bisa ngerasain rasanya jadi PR beneran. Caranya? Ya mulai cari pengalaman!


Alasan penting lain yang harus aku highlight: CARI “TITLE” hehe. Aku udah tau nih sekarang kalau aku pengen jadi PR, tapi sebenernya pengalamanku di kepanitiaan yang berhubungan sama PR tuh masih dikit banget! Dan menurutku, pengalaman magang bakal lebih besar untuk “dilirik” sama calon recruiterku nanti (AAMIIN!). Jadi mumpung masih semester muda (semester 4 menuju 5 masih bisa dipanggil muda, kan?), aku pengen banget nyari “title” sebanyak-banyaknya biar bisa branding diri dengan asyik nanti pas nyari kerja. Uhuy!


Jadi setelah punya alasan yang oke, aku langsung daftar deh! Pas itu, di pendaftaran aku harus menjawab beberapa pertanyaan tentang diriku, plus mencantumkan CV dan portofolio. Setelah mengisi form, aku dapet informasi buat ikut interview! Pas interview, seluruh pendaftar dari divisi PR dikumpulkan di satu room Zoom, dan jumlah pendaftarnya ternyata hampir 50 orang dong! Di satu divisi! Aku langsung panik banget, ngerasa udah pesimis banget sih. Tapi dengan lihat banyaknya orang yang daftar, aku ngerasa satu-satunya kesempatanku buat stand out adalah dengan ngajuin untuk interview duluan (biar nggak insecure kalau yang lain jauh lebih bagus, haha!). Pas itu, akhirnya aku dapat kesempatan interview urutan ketiga setelah “ngajuin diri”.


Tapi guess what? Ternyata dua orang sebelumku juga keren banget! Aku udah nyiapin beberapa kalimat yang bakal aku “jual” pas interview, dan ternyata semuanya udah disebut sama dua peserta sebelumnya :( Udah ngerasa zonk banget, tapi akhirnya.. yaudah deh aku tetep berusaha semampuku hihi. Karena aku juga dapet kesempatan buat dengerin para peserta setelahku juga, udah deh makin insecure banget pokoknya.


Tapi, meskipun udah ketebak dari baca judulnya, aku bakal tulis lagi: AKU KETERIMA!!! Menariknya, aku juga ketemu nih sama orang-orang yang aku “tandain” pas lagi interview: ada Kak Kalisha, Kak Talula, Kak Tivanny, dan Kak Salsha. Yes, aku anak semester 4 sendiri di antara kakak-kakak yang udah semester 6! Seneng banget, tapi juga masih insekyur abis. Tapi seneng! 


Akhirnya periode magangku dimulai nih dari 15 Juni 2020! Meskipun anak magang, kami dikasih kesempatan buat ngerjain pekerjaan PR beneran (bukan cuma bikinin kopi kayak di film-film)! Kalau misalnya kurangkum, pekerjaannya sekitar menjalin partnership dan juga bikin event. Di awal periode magang, kami sebagai Intern PR diminta untuk mengajukan ide-ide untuk divisi PR. Dan ide itu bareng-bareng kita eksekusi selama magang! Mulai dari brainstorming konsep ide, menghubungi calon partner, sampai eksekusi di hari-H! Oh iya, kita bekerja dalam tim nih jadi nggak perlu takut kalau belum ngerti apa-apa (KAYAK AKU!!).


Terus, apa aja tuh outputnya dari magang tiga bulan? Selama tiga bulan magang, tim intern PR berhasil mengeksekusi: 4 Jobhun Talks (talkshow virtual), 5 Jobhun Speak (podcast), dan 2 Content Partnership. Selain itu, kita juga bikin newsletter dan press release tiap bulannya!


Kebetulan banget, hari ini adalah hari terakhir kita magang, huhu. Setelah tiga bulan, kalau bisa kusimpulkan: I LEARN A LOT! Bener-bener banyak banget! Aku jadi bisa belajar bikin event dari 0, terus juga gimana cara ngehubungin partner yang baik, ngurusin persuratan, bahkan bikin podcast dan jadi MC juga!! Aku ngerasa harus minta maaf banget sama kakak-kakak karena banyak banget hal yang nggak aku tahu sebelumnya tentang kerja sebagai PR, tapi tetep aku nggak mau memungkiri kalau aku belajar banyak banget! Aku merasa beruntung banget dapet kesempatan buat ngerasa “clueless” pas aku masih semester 5, better lah dari pada aku keliatan nggak tau apa-apa pas udah mulai kerja profesional nantinya. Terlebih, di Jobhun ini suasananya kekeluargaan banget! Jadi meskipun sebenernya aku SUNGKAN BANGETTT karena nggak ngerti apa-apa, aku bener-bener ngerasa diajarin dan “dituntun” buat jadi lebih baik. PELUK CIUM BUAT KAKAK-KAKAK JOBHUN DAN TIM PR INTERN YANG SUDAH MAU MENERIMAKU <3333


Pengalaman terbesarku selama jadi intern tuh menurutku pas aku berkesempatan jadi host podcast Jobhun Speak vol 8! Kebetulan, aku in charge dari awal, sampai akhirnya jadi host juga. Kalau kalian mau coba dengerin aku ngobrol bareng Mas Arga tentang pentingnya volunteering untuk berkarir, boleh banget langsung ke Spotify dan search: Jobhun Speak!


Selain itu, aku juga seneng banget karena aku menang lomba 17an dong! Jadi, hampir setiap minggu, intern dari seluruh divisi tuh ada meeting buat evaluasi. Tapi pas 17-an kemarin, tim HR bikin game nih buat semua intern! Kebetulan kita main gartic, dan aku menang dan dapet gopay! PADAHAL AKU BELOM PERNAH MAIN GARTIC SEBELUMNYA IH TELAT BGT?!!!


Makasih banget buat Kak Cynthia, CEO Jobhun yang baik banget sama temen-temen intern. Kak Nab, PR Jobhun yang yaampun udah kayak kakak sendirii! Buat tim PR Intern jugaaa huhu sayang banget, makasih udah nerima aku jadi adek! Seneng banget bisa belajar bareng sama kakak-kakak semuaa, sayang deh karena virtual internship jadi kita belum pernah ketemu :( Tapi karena sesering itu call, jadi sampai hafal suaranya juga hehe. Semoga bisa ketemu kapan-kapan!


Overall, aku merasa ekpektasiku sebelum jadi intern PR di Jobhun tuh kejawab semua. Seneng banget banget banget bisa dapet kesempatan buat magang di Jobhun, out of semua pendaftar yang mungkin jauuuh lebih keren di aku. Terima kasih banget Jobhun udah menjadi wadahku belajar, dan akan ku highlight lagi: AKU BELAJAR BANYAK BANGET. Sebanyak itu, mungkin karena pengalamanku selama ini kurang ya :( But i’m looking for another experience habis ini, semoga kelak bisa ngurangin insekyurku hihi!


You Might Also Like

0 komentar